5 Tips Mendasar Merawat Laptop

|

Berikut adalah tips – tips yang paling dasar agar laptop Anda awet muda.

1. Hindari Medan Magnet

Sejumlah komponen penting di dalam laptop merupakan materi yang terbuat dai besi. Terlebih hard disk, yang pirirngan pemutar akses datanya juga terbuat dari materi besi. Karena itu, bila pemakai laptop menciptakan medan magnet di sekitar laptop yang digunakannya, ini tentu akan sangat mengganggu sekali.

Hindarilah menciptakan medan magnet yang kuat di sekitar laptop Anda. Ini dapat dilakukan dengan tidak meletakkan sejumlah benda yang menghasilkan medan magnet / electromagnet di sekitar laptop. Seperti speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) misalnya, telepon genggam, atau benda lainnya yang kira – kira memiliki karakter serupa.

Bila Anda harus menggunakan sejumlah perangkat eksternal tambahan yang ternyata menghasilkan medan magnet, sebaiknya diatur sedemikian baik agar tidak mengganggu kinerja laptop. Sebagai contoh, bila infrared atau Bluetooth pada telepon genggam yang kemudian dihubungkan dengan laptop. Sebaiknya letakkan telepon genggam tersebut agak berjauhan dari laptop; kurang lebih berjarak 15 sentimeter.

Dengan demikian usia pakai laptop Anda secara keseluruhan akan relative lebih panjang.

2. Jangan Meletakkan Laptop pada Permukaan Empuk

Pernahkah Anda meletakkan laptop pada permukaan benda yang terlalu empuk, seperti kasur pegas, sofa, atau apapun itu? Sebaiknya jangan diulangi sebab tanpa disadari ini akan sangat berbahaya. Bila Anda melakukan hal itu, tentu laptop akan dalam kondisi agak “tenggelam”. Nah, dalam situasi demikian, lubang – lubang ventilasi pada laptop akan bekerja kurang maksimal. Hasilnya udara panas dari dalam laptop tidak akan keluar secara lancer atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Jika sudah begitu, suhu laptop akan meningkat atau semakin panas. Dan ini akan berakibat buruk pada kondisi sejumlah komponen di dalam laptop. Selalu meletakkan dan menggunakan laptop pada bidang yang datar akan dapat memperpanjang umur keawetan laptop Anda.

3. Pakailah Stabilizer Arus Listrik

Bila laptop sedang beroperasi dengan memakai arus searah listrik (tanpa baterai), sebaiknya gunakan stabilizer / UPS atau penyelaras tegangan arus listrik pada laptop Anda. Ini sangat berfungsi dalam mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke dalam laptop Anda.

4. Jangan Meninggalkan Laptop di Mobil

Bila Anda meinggalkan laptop di dalam mobil, terutama pada siang hari ketika panas matahari begitu menyengat, tentu akan berdampak buruk bagi “kesehatan” seluruh komponen yang terdapat di dalam laptop. Panas matahari akan memengaruhi / menaikkan kondisi suhu di dalam laptop, apalagi laptop memiliki bentuk dan ruang sirkulasi udara yang amat minim. Akibatnya, bila hal di atas terjadi maka dapat merusak sejumlah komponen laptop.

Demikian juga ketika malam hari, terutama saat kondisi suhu udara cukup rendah. Dinginnya udara juga dapat memengaruhi “kesehatan” seluruh komponen yang berada di dalam laptop. Hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah tidak membawa laptop ke dalam kondisi atau jenis kegiatan yang tidak begitu penting. Namun bila hal tersebut harus terjadi, sebaiknya Anda sebisa mungkin tidak meninggalkannya di dalam mobil. Lebih baik Anda membawanya lalu menitipkan di tempat yang aman.

5. Gunakan Tas Khusus

Tidak jarang kita membawa laptop ke manapun untuk mendukung kelancaran sejumlah pekerjaan. Sejalan dengan begitu fleksibelnya penggunaan laptop, di manapun dan kapanpun, membuat kita kadang lalai dalam merawat kondisi secara umum laptop tersebut. Ini terutama bagian casing terluar laptop. Karena kurang hati – hati saat meletakkan atau menyimpan laptop di dalam tas, casing bisa saja menjadi tergores – gores dan membuat laptop terkesan kurang terawat.

Untuk itu, gunakanlah tas khusus pembawa laptop yang banyak dijual luas di pasaran. Pilihlah tas yang bagian dalamnya memang benar – benar memiliki perangkat pelindung laptop, seberti lapisan busa yang agak tebal. Selain berfungsi menjaga laptop dari goresan – goresan buruk, tas khusus tersebut juga dapat meredam guncangan – guncangan kecil yang bisa saja sangat mengganggu kondisi laptop, terutama sejumlah hardware.

sumber:
Tips Praktis Merawat Laptop untuk Pemula
penulis Juntak Teamwork
Penerbit Medi@Kom

4 komentar:

Anonim mengatakan...

q orangnya newbe alias pemula. laptopq awalnya ada garis dilayar bawah, terus bbrapa hari kemudian tambah parah dan kemudian layar gak bisa hidup. agar bisa hidup harus dipencet tombol numlock dulu. sebelumnya tak taruh dipenggir soud sistem tape saya cz lom tau klo itu pengaruh. n saya juga sering pake baterai ketika mo abiz sering gua ceZZZ sambil nyala apakah itu pengaruh dan untuk memperbaikinya bagmana mas / pak ??? mohon bantuannya. terima kasih

Anonim mengatakan...

ini blogsaya ; uniqunic.blogspot.com

Kreatif Cell mengatakan...

thanks bos, tips dan triknya..
salam kenal dari kreatifcell.blogspot.com

Belajar IT mengatakan...

good gan, tips nya.
salam kenal alif10ramadhan.blogspot.com

Posting Komentar